Thursday, January 29, 2015

an Irvan or Vina Junior ? (Part 3)

Alhamdulillah 23 minggu berlalu, dede tumbuh jadi janin yang kuat dan *ekhem...* kata dokter, dede gemuk.

Saya dan suami terbiasa memanggilnya dengan panggilan Dede, ingin memberikannya nama tapi kami belum tahu jenis kelaminnya, ingin memanggilnya bayi, tapi .. entahlah terasa tidak akrab. Alhasil, ya, kami memanggil makhluk mungil lucu itu dengan panggilan "Dede". Sounds cute.
Trisemester pertama, bagi saya adalah waktu yang menegangkan. Orang bilang waktu itu adalah waktu dimana si janin mulai membentuk organ dalam, jadi, Ibu gak boleh main-main. Waktu yang juga rentan, karena biasanya keguguran terjadi di trisemster pertama. Tapi belakangan ternyata temen yang udah lima bulan atau bahkan enam bulan pun ada yang keguguran, semua ini tergantung pada upaya Ibu dan doa kuat Ayah sama Allah, karena Allah yang menentukan semuanya.

Usia kandungan enam minggu, Dede berbentuk bulatan kecil yang berdegup-degup. Dokter bilang itu jantungnya.Hari demi hari, beberapa hal dilarang dilakukan, misal : naik pesawat, perjalanan jauh, kelelahan, naik turun tangga, melakukan aktivitas berat, mengangkat barang berat, kalau dibonceng  naik motor hati-hati terhadap guncangan, dan rajin minum vitamin. OK SIAP DOK!

Pada usia enam minggu ini, perkembangan syaraf untuk otak dan pembuluh darah dede di punggungnya sudah hampir menutup. Wajah, telinga, dan mulut pun sudah mulai terbentuk. Pucuk jaringan tulang kaki dan tangan juga sudah membentuk. Lucu, Dede lucu.

Di minggu ke delapan, kaki, tangan, dan wajah Dede sudah terlihat, tapi belum jelas. Kebetulan, saya juga konsultasi ke Herbalis, dan dia bilang, keliatannya Dede besar padahal ukurannya baru sekitar 0.8 inc. Seukuran apa itu? Hp 4 inc saja sudah kecil sekali.

Minggu demi minggu saya lalu dengan selalu menghitung kapan datangnya minggu ke-36.

Setiap bulan pertumbuhan Dede kian buat takjub dan kagum pada anugrah Allah ini.

Saat ini,
Dede udah berusia 23 minggu..
Tangan, jari tangan, wajah, semua.. semua sudah sempurna, alhamdulillah. Berat Dede 455 gram, kata dokter, normalnya 380-an, Dede emang nduth ^^.

Doa Bunda cuma supaya Dede sehat terus,
tumbuh dengan normal, lahir dengan sempurna, dan normal, tidak kekurangan satu apapun.

Aamiin.

No comments: